-->

Blog Pondok Pesantren Seluruh Indonesia

Pondok Pesantren Al Bahjah

Sudah tidak diragukan lagi kemulian orang-orang yang menghafal Al-quran atau penghafal Al-quran kemuliaannya sangat tinggi sekali di hadapan Allah Swt , dan pasti setiap diri manusia pasti merindukan ingin bisa menjadi seorang penghafal Al-quran, atau minimal punya cita-cita agar anak-anaknya kelak nanti jadi seorang penghafal Al-quran.

“Awal mula berdiri tahfidz Al-bahjah berangkat dari niat mulia guru kami Buya Yahya yang ingin memondokan putri beliau Zahro pada waktu itu zahro berusia sekitar 9 thn . Ketika itu guru kami Buya yahya meminta izin kepada guru beliau yaitu guru mulia Habib Abdullah bin Muhammad Baharun yang berada di negri yaman agar diperkenankan zahro untuk mondok, akan tetapi guru mulia Habib Abdullah bin Muhammad Baharun tidak mengijinkannya, akan tetapi beliau menyarankan kepada guru mulia Buya yahya agar mendatangkan guru Al-quran kepondok Al-bahjah untuk mengajarkan Al-quran dan menghafal Alquran.

Pada waktu itu Buya yahya langsung mencarikan Zahro teman untuk belajar dan menghafal Alquran di pondok Al-bahjah, yang di ambilkan dari anak-anak dari orang-orang pondok yang yang punya putra-putri, lalu datanglah teman-teman zahro 5 orang yaitu laila, nurul, abdi, abiyu, mahda kepondok Albahjah.

Seiring berjalannya waktu lalu datanglah pengajar Tahfidz Al-quran yang mengajarkan anak-anak mengahafal Al-quran. dengan bertambahnya waktu, dari hari kehari, minggu ke minggu, bulan kebulan, dan tahun ketahun, Pondok Tahfidz Al-bahjah semakin dikenal luas oleh orang-orang mulai dari Cirebon sampai keluar kota bahkan sampai keluar negri, karena di pondok Tahfidz Al-bahjah berbeda dengan pondok Tahfidz pada umumnya,yang jadi pembeda adalah pondok Tahfidz di Al-bahjah di mulai dari anak-anak kecil usia 8 thn sampai14 thn, insya Allah nanti akan kita jelaskan tentang persyaratan untuk masuk Pondok Tahfid Al-bahjah.

Alhamdulillah sejak berdirinya pondok Thafidz Al-bahjah mulai dari tahun 2010 sampai sekarang santri tahfidz Al-bahjah kurang lebih ada sekitar 300 santri Tahfidz, usia meraka bervariatif mulai dari usia 8 thn sampai 14 thn, santri Tahfidz putra ada sekitar 150 anak tahfidz putri ada seitar 150 anak
Santri Tahfidz Al-bahjah Mereka banyak berasal dari wilayah Cirebon dan sekitarnya dan dari luar kotapun banyak mulai dari jawa barat, jawa tengah dan jawa timur bahkan ada juga dari luar jawa, dari sumatera, Kalimantan bahkan santri tahfidz albahjah ada juga dari Negara lain ada santri tahfidz asal dari Negara Vietnam, dari Malaysia dan bahkan santri dari amerika ada yang mondok di tahfidz Al-bahjah.
Santri Thafidz untuk yang usia tingkat SD sering kami sebut dengan santri tahfidz shigor dan utnuk santri usia jenjang SMP kami sebut dengan santri Tahfidz kibar.
Alhamdulillah sampai saat sekarang ini santri Tahfidz Al-bahjah hafalannya bervariatif ada beberapa anak yang jumlah hafalan sudah selesai menghafal 30 juz, ada juga yang dapat 26 juz dan yang lainnya banyak yg hafalannya sekitar belasan juz.

Disamping santri tahfidz mondok belajar menghafal Al-quran, santri tahfidz juga ada sekolah umumnya, berbasis kurikulum KEMENAG yaitu wajar dikdas atau sering disebut dengan nama Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) yaitu pendidikan umum yang diperuntukan untuk pondok pesantren.

Visi, Misi dan Tujuan Tahfidz Al-Bahjah

1. Visi
Menjadikan santri Pondok Pesantren Tahfidz AL Bahjah sebagai pengemban Al qur’an dan penyenang hati orang tua dengan kebaikan akhlaknya.

2. Misi
Mengupayakan santri memiliki kepribadian yang islami. Baik pola fikir (Aqliyah Islamiyah) maupun pola perilaku (Nafsiyah Aqliyah) sehingga santri memahami dan mampu melaksanakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

3. Tujuan
a. Menjadi lembaga pendidikan profesional, unggul, terpercaya dan dicintai umat.
b. Membentuk generasi berkarakter yang islami yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual yang membanggakan.
c. Membangun silaturahmi dan komunikasi yang islami dan berdaya guna
d. Bermanfaat untuk pihak-pihak yang berkepentingan.
e. Tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan ummat.
f. Mencetak generasi qurani yang professional dalam ilmu pengetahuan.
Labels: modern, Pondok Pesantren Al Bahjah, terpadu

Thanks for reading Pondok Pesantren Al Bahjah. Please share...!

0 Komentar untuk "Pondok Pesantren Al Bahjah"

Back To Top